12 Efek Madu Untuk Kecantikan, Menjadikan Kulit Wajah Sehat Dan Bergizi

Jakarta Manfaat madu untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Khasiat madu untuk kecantikan sudah diketahui dari nenek moyang kita. Kulit wajah dikenal efektif dalam menyuplai nutrisi pada kulit dengan berbagai nutrisi serta melembabkan dan memutihkan.

Baca juga

Madu adalah pengawet alami yang menyembuhkan kulit dengan cepat. Sifat antibakterinya membantu menyingkirkan bakteri dan kuman dari kulit. Dengan demikian, dapat mengurangi infeksi kulit penyebab jerawat dan kaya akan antioksidan. situs judi yang gacor

Manfaat kosmetik madu berasal dari kandungan vitaminnya, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid dalam madu. Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil maksimal dari madu.

Berikut Liputan6.com mengulas manfaat kosmetik madu yang dirangkum dari berbagai sumber. Selasa (24/5/2022).

1. Mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas

Madu dikenal kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas. Inilah sebabnya mengapa madu bermanfaat sebagai masker wajah.

2. Mencegah penuaan dini

Masker Madu juga dapat digunakan sebagai exfoliant wajah alami yang mengangkat sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat. Dengan demikian, munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan dapat dihindari.

3. Pemutih dan pemutih kulit wajah

Masker madu dikenal dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah serta mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Manfaat madu ini berasal dari kandungan vitaminnya dan bisa lebih efektif lagi jika digunakan dengan lemon.

4. Mengatasi Jerawat

Madu juga mengandung senyawa aktif anti inflamasi dan antibakteri. Kandungan ini memungkinkan madu digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

5. Mengurangi risiko kanker kulit

Manfaat madu selanjutnya untuk kecantikan adalah dapat mengurangi risiko kanker kulit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu juga merupakan agen antikanker. Antioksidan juga dapat menghambat pertumbuhan sel penyebab kanker kulit.

6. Melembabkan kulit

Manfaat kosmetik lain dari madu adalah membantu melembabkan kulit. Madu sering digunakan sebagai bahan dasar hampir semua produk kecantikan karena melembabkan kulit dari dalam ke luar. Enzim dalam madu dengan mudah menembus ke dalam kulit, menghidrasi dan melembutkannya dari dalam ke luar. Sangat mudah untuk menggunakan madu sebagai masker pelembab dengan mengoleskan sesendok madu ke kulit yang bersih dan kering dan biarkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Ini akan menjadi masker pelembab yang sempurna.

7. Cocok untuk kulit sensitif

Sudah bisa dikatakan bahwa kulit sensitif membutuhkan perawatan yang lebih hati-hati. Masker madu dapat membantu mengatasi berbagai gejala pada orang dengan kulit sensitif. seperti iritabilitas, kemerahan atau iritasi. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit dan menjadikannya perawatan utama untuk kulit sensitif.

8. Pembersih Pori

Manfaat madu selanjutnya adalah membersihkan pori-pori. Sejumlah kecil madu dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Karena madu memiliki sifat antioksidan, antiseptik dan antibakteri, dipercaya dapat membantu membersihkan kulit komedo dengan menghilangkan kotoran dari pori-pori. Madu juga menghidrasi kulit dan mengencangkan pori-pori.

Untuk menggunakan madu sebagai pembersih pori-pori, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan ke kulit yang bersih dan kering dan pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar, hindari area mata. Kemudian bilas dengan air dingin.

9. Eksfoliator Ringan

Manfaat kosmetik lain dari madu adalah bertindak sebagai exfoliant yang baik. Pengelupasan kulit sintetis sering menyebabkan kulit kemerahan dan dapat menyebabkan iritasi. Untuk menghindari ketidaknyamanan, gunakan madu sebagai exfoliant. Madu membantu pengelupasan dan pengelupasan kulit wajah dengan lembut. Hal ini pada akhirnya akan membuat wajah Anda terlihat lebih cerah.

Untuk menggunakan madu sebagai exfoliant, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan baking soda. Setelah menyiram kulit Anda, gosok perlahan pada wajah atau tubuh Anda dengan gerakan melingkar. Terakhir, bilas dengan baik.

10. Mengatasi Kulit Terbakar

Madu dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk luka bakar. Madu meningkatkan penyembuhan dengan mengurangi peradangan dan memberi nutrisi pada jaringan yang rusak. Inilah yang membuat madu menjadi obat yang bagus untuk kulit terbakar. Untuk menggunakan madu pada kulit yang terbakar sinar matahari, cukup campurkan madu mentah dengan gel lidah buaya murni 1:2. Oleskan dengan lembut ke kulit yang terbakar sinar matahari.

11. Mengatasi Bibir Kering

Penggunaan lipstik secara terus-menerus dapat membuat bibir Anda pecah-pecah dan kering. Aplikasi madu mentah secara teratur ke bibir Anda akan membuatnya lembut dan kenyal. Cukup oleskan madu ke bibir Anda setiap malam sebelum tidur. Obat alami untuk bibir pecah-pecah ini dapat meningkatkan kesehatan bibir Anda.

12. Menghilangkan Bekas Luka Jerawat

Tidak hanya berguna untuk mengobati jerawat, ia juga memiliki sifat antiseptik dan antioksidan. Namun, dengan pemakaian rutin juga bisa efektif menghilangkan bekas jerawat di wajah. Menggunakan madu sebagai masker wajah akan sangat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Kemendagri Tidak Mempersoalkan Warga Yang Sebelumnya Menggunakan Nama Satu Kata
Next post 13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan, Pengobatan Luka Bakar, Dan Kekebalan Tubuh