Anggaran Pemilu 2024 Rp 110,4 Triliun Sangat Mahal, Padahal Keserantakan Pemilu 2024 Untuk Menghemat

Laporan Wartawan , Fransiskus Adhiyuda

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaksir anggaran persiapan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu 2024 sebesar Rp110,4 triliun.

Belakangan, Presiden meminta agar biaya tersebut dihitung ulang agar persiapannya dapat dilakukan secara bertahap. slot online spadegaming

Dimana, pemilu pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak November 2024 diperkirakan butuh anggaran sampai Rp 110,4 triliun, dengan rincian untuk KPU Rp 76,6 triliun dan Bawaslu Rp 33,8 triliun.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik dari Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut, bahwa anggaran Pemilu sebesar itu sangat mahal.

Hal itu berbeda dengan tujuan Pemilu serentak dimana untuk menghemat biaya.

“Sangat mahal (dana Pemilu). Padahal keserantakan Pemilu dan Pilkada yang bersamaan di 2024 untuk menghemat anggaran,” kata Adi Prayitno saat dihubungi , Selasa (12/4/2022).

Adi pun mempertanyakan, apa gunanya Pemilu dan Pilkada serentak di tahun yang sama, jika anggarannya membengkak dan tentunya membebani negara.

“Harus ada manuver agar biaya pemilu bisa dipangkas,” ujarnya.

Adi juga mengatakan, bahwa dana pemilu sangat krusial. Padahal payung hukum Pemilu 2024 adalah UU Pemilu lama yakni UU nomor 7 tahun 2017.

“Mestinya DPRA, pemerintah, dan penyelenggara jauh-jauh hari berfikir secara matang tentangbanggaran Pemilu, bukan malah dikebut jelang akhir mau masuk tahapan Pemilu,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Bacakan Pembelaan, Ferdinand Hutahaean Mengaku Cuitan Soal ‘Allahmu Lemah’ Merupakan Bisikan Setan
Next post RUU TPKS Disahkan Jadi UU, Komnas Perempuan: Kita Perlu Kawal Pelaksanaannya