Banyak Catatan, Pembangunan Menara BTS 4G Di Wilayah 3T Tetap Diapresiasi

Laporan Reporter, Choi Rul Aripin

Jakarta – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) yang sudah mencapai 86% perlu mengevaluasi proses pembangunan Menara Pemancar 4G (BTS) di kawasan 3T (terdepan, terpencil, tertinggal).

Pengamat Telekomunikasi yang juga mantan anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Agung Harsoyo berpendapat bahwa penyebaran BTS 4G dapat diandalkan dan membutuhkan verifikasi yang lebih mendalam untuk dapat dikerahkan sesuai Good Governance (GCG). Dibutuhkan untuk kemajuan. situs judi via dana

Agung menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan BTS ini adalah terkait dengan peralatan yang digunakan.

Menurut dia, peralatan yang akan dipasang di menara transmisi harus diperiksa kualitasnya menggunakan parameter RAS (Reliability, Availability and Security).

Agung menjelaskan, “Jika Anda memesan produk yang baru rusak dari produsen, pastikan tidak memakan waktu terlalu lama untuk diperbaiki.”

Jadi, menurut Agung, jangan menggunakan perangkat yang tidak dikenal merek dan kualitasnya dalam pembangunan BTS ini. Untuk menghindari hal ini, pemerintah juga dapat membandingkan penggunaan perangkat ini di industri terkait dalam negeri dan internasional.

Pertahankan kualitas layanan

Praktisi kebijakan publik Alamsyah Saragih menilai program ini perlu ditelaah.

Namun, pihaknya mengingatkan manajemen bahwa tidak perlu mengeluhkan medan yang berat dan alam serta keselamatan karena program ini belum selesai.

Menurut Alamsyah, pada BTS yang dibangun BAKTI, karena semua perangkat aktif dan pasif disediakan oleh BAKTI Kominfo, maka operator tidak memiliki kewenangan untuk menentukan BTS terbaik untuk digunakan di wilayah USO.

Ia mengatakan BAKTI Kominfo hanya akan berperan sebagai operator seluler jika telah memberikan informasi bahwa BTS USO siap terhubung ke jaringan operator.

Alamsyah menilai operator seluler tidak bisa menjamin ekivalen service level agreement (SLA) di ranah 3T karena BTS USO tidak memiliki kewenangan untuk menentukan perangkat aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Debut Main Film, Dita Karang Lalui Dengan Kedinginan
Next post Chelsea Vs Arsenal: Laga Ke-100 Mason Mount Di Liga Premier, Sejauh Ini Telah Terlibat Dalam 41 Gol