Dorong UMKM Go Global, BNI Xpora Gandeng ICC Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk adalah lembaga pembangunan yang diakui pemerintah dari Bank Global Indonesia atau BNI (simbol saham: BBNI) terus menggenjot bisnis internasional selama masa pemulihan ekonomi tahun ini.

Baru-baru ini, BNI telah bermitra dengan International Chamber of Commerce (ICC) atau Kamar Dagang Internasional Indonesia untuk membantu meningkatkan program pemerintah dan bisnis dengan memungkinkan dan menyediakan solusi perbankan untuk usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk: Kami meluncurkan dan mengembangkan produk kami ke pasar global. slot online free spin no deposit

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kementerian Keuangan BNI, Direktur Internasional Henry Panjaitan dan Presiden ICC Indonesia IIham Akbar Habibi di Xpora Hub di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (12/4/ 2022).

Henry mengapresiasi kesempatan yang diberikan ICC kepada perusahaan. Menurutnya, kemitraan strategis ini merupakan komitmen untuk berperan aktif sebagai mitra perbankan global pilihan BNI.

“Bank Internasional akan terus berupaya memberikan solusi layanan perbankan dan membantu entitas ekspor, khususnya usaha kecil dan menengah, mengembangkan kapasitas produksi untuk memasuki pasar global,” ujarnya.

Dalam kerja sama ini, kata Henry, BNI akan menggunakan jaringan cabang luar negeri (KCLN) yang tersebar di enam pusat ekonomi global, antara lain Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York, dan Seoul. Perusahaan dapat memfasilitasi business matchmaking antara eksportir UMKM Indonesia dengan calon pembeli.

“KCLN juga berperan penting dengan memberikan wawasan pasar terkait kepabeanan dan perpajakan, layanan konsultasi terkait peraturan daerah, dan rencana pembiayaan khusus kepada pelaku usaha Indonesia, mulai dari korporasi hingga usaha kecil menengah (UKM). Dimungkinkan untuk memasuki pasar global”

Sementara itu, ruang lingkup kerja sama yang disepakati BNI dan ICC Indonesia adalah penyediaan tenaga ahli pada Program Pemberdayaan UMKM BNI yang diselenggarakan oleh kedua belah pihak untuk meningkatkan daya saing produk BNI bagi UMKM di pasar global.

Selain itu, penggunaan produk dan layanan perbankan sebagai bagian dari upaya digitalisasi kami melalui program pelatihan bersama, payment gateway, produksi pembiayaan dan investasi pada usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) BNI.

Melalui kerjasama ini, kami berharap UKM dan UKM akan melangkah lebih jauh ke depan dan melakukan lompatan global dengan memanfaatkan BNI Xpora, solusi satu atap yang memberikan layanan terintegrasi kepada UKM berorientasi ekspor.

Dengan memanfaatkan program BNI Xpora, UMKM mendapat dukungan dalam peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, pelatihan pelaporan keuangan, dan dukungan akses pemasaran produk internasional melalui matchmaking dengan bisnis dan pembeli di pasar global. Xpora juga mendukung fitur digital yang memudahkan penggunaan layanan BNI terintegrasi.

BNI akan menggelar acara BNI World Trade Forum (GTF) 2022 pada Juni 2022 untuk berkomunikasi dengan ekosistem impor dan ekspor dalam dan luar negeri.

Rangkaian kegiatan menjelang GTF BNI 2022 telah dilakukan sejak awal tahun 2022, rangkaian diskusi diaspora yang menampilkan 6(6) KCLN, menghadirkan narasumber dari diaspora, eksportir, importir, asosiasi perdagangan dan KBRI. Negara-negara di mana isu-isu terkait perdagangan dibahas dan barang-barang (impor) dicari. ) Sesi business matching memperkenalkan pembicara dari ekspatriat/importir keuangan lokal, diaspora, eksportir, importir, asosiasi perdagangan dan kedutaan besar Indonesia di masing-masing negara.

Rangkaian acara sebelumnya lainnya adalah rangkaian pembicaraan perdagangan regional yang mempertemukan seluruh kantor BNI regional dan melibatkan regulator dalam ekosistem ekspor-impor seperti bea cukai, kantor perdagangan regional dan asosiasi yang menyertakan ICC Indonesia yang berpartisipasi di dalamnya.

Tentang BNI Smart Trade

BNI Smart Trade hadir untuk memenuhi kebutuhan perdagangan (perdagangan) dalam dan luar negeri (ekspor dan impor) dengan motto “Menjembatani Indonesia dan Dunia”. Produk BNI Smart Trade antara lain Letter of Credit (LC), Letter of Credit Dalam Negeri (SKBDN), Standby Letter of Credit (SBLC), Demand Guarantee berbasis Open Account Funding dan Response Guarantee untuk Supply Chain Finance.

Layanan trade finance BNI didukung oleh sistem digital terpercaya melalui BNI Trade Online (BTO) yang terintegrasi dengan BNI Direct (Internet Banking), satu-satunya bank pemerintah Indonesia dengan jaringan internasional yang luas dan jaringan global di enam negara.

BNI juga memiliki lebih dari 1.400 bank dagang BNI yang melayani seluruh nasabah melalui lebih dari 137.000 jaringan (ATM BNI, Agen46 dan hub bisnis) dengan 30 agen pengiriman uang di 8 negara dan 39 Trade Finance Officials (TFOs). ) yang tersebar di area kantor . Kami memberikan saran tentang pembiayaan perdagangan dan perdagangan internasional di seluruh Indonesia.

Untuk periode Januari-Maret 2022, BNI mencatatkan ekspor sebesar $1,53 miliar, naik 34,68% year-on-year, sedangkan impor $1,12 miliar meningkat 131,22%.

BNI juga mendapatkan penghargaan Indonesia’s Best Trade Finance Bank oleh majalah Alpha South East Asia selama 11 tahun berturut-turut dari 2010-2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Kuasa Hukum Sebut Pengadilan Negeri Bandung Tidak Berwenang Adili Bahar Bin Smith
Next post Disebut Mirip Dewi Perssik, Ini Profil Artis K-Pop Huh Yunjin LE SSERAFIM, Dulu Jebolan Produce 48