Gubernur Bank Indonesia: Transformasi Digital Jadi Solusi Tingkatkan Akses Keuangan

Reporter Isumoyo

Jakarta – Bank Indonesia mengatakan transformasi digital merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan akses keuangan bagi perempuan, anak muda, usaha mikro dan UKM. situs judi slot

Hal ini untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif dalam upaya memacu pemulihan ekonomi pascapandemi.

Catatan Bank Dunia menunjukkan bahwa 1,7 miliar orang di seluruh dunia masih berjuang dengan akses ke layanan keuangan dasar.

Gubernur Bank Indonesia Piri Wargio mengatakan tantangan tersebut disebabkan oleh buta huruf, pembatasan infrastruktur, persepsi tidak perlu pembiayaan, informasi asimetris, masalah kepemilikan dokumen hukum dan keamanan siber.

Berry pada Rabu 11 Mei 2022 (5/11) Rabu (11 Mei 2022) Transformasi Digital Integrasi Keuangan untuk Perempuan, Pemuda, Usaha Kecil dan Kecil untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif Online dan Offline pada simposium internasional di

Ia juga mengatakan ada tiga langkah penting untuk mengatasi tantangan UKM berupa keterbatasan kapasitas ekonomi, financial savvy, dan akses infrastruktur digital.

Langkah pertama adalah pemberdayaan ekonomi, termasuk pemberdayaan perempuan menjadi pengusaha kecil.

Kedua, meningkatkan daya saing UKM melalui peningkatan kompetensi, produktivitas, literasi, dan pengelolaan keuangan melalui edukasi yang mendukung inovasi dan digitalisasi proses bisnis.

“Komponen ketiga, antara lain, koordinasi kebijakan melalui dukungan undang-undang penciptaan lapangan kerja BI,” kata Berry. Undang-undang tersebut mendorong akses oleh usaha kecil dengan merampingkan proses perizinan dan mendukung e-commerce dan ekosistem perdagangan skala mikro dan kecil. ke pasar lokal dan global.” .

Dalam kasus yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan selama ini perempuan menghadapi masalah dengan alat pelindung diri.

Sementara itu, lembaga keuangan cenderung memberhentikan anak muda, dan usaha kecil dan menengah (UKM) kesulitan mengumpulkan dana.

Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dan tanggapan khusus terhadap negara ketua G20 di Indonesia.

Situasi ini membutuhkan kehati-hatian dan respons politik. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, sebagai salah satu agenda Kepresidenan Indonesia G20 2022, digitalisasi inklusi keuangan dapat berperan besar dalam mengatasi tantangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Guyubnya Rektor UI, Ketua DGB, Ketua SA, Dan Ketua MWA Di LPJ Rektor UI
Next post Mendagri Tito Karnavian Klaim Penunjukan Pj Gubernur Sudah Demokratis