Hingga 2021 Terdapat 64 Juta UMKM Di Indonesia, Tapi Baru 19 Juta Masuk Ranah Digital

Reporter Cino Tre Sollistino melaporkan

Jakarta – PT Esensi Solusi Buana (ESB) mendorong digitalisasi pelaku UMKM, khususnya di bidang kuliner, agar usahanya dapat mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dorongan tersebut diwujudkan oleh ESB melalui pelatihan teknis bagi pelaku UMKM pada acara Archipelago Expo & Summit 2022 Digitization Event (DNES 2022). casino online terbesar di dunia

CEO ESB Restaurant Technology Gunawan Woen mengatakan, menurut data tahun 2021, ada sekitar 64 juta pelaku UMKM di Indonesia, namun baru sekitar 19 juta yang masuk ke ranah digital.

Gunawan mengatakan Senin (4 April 2022) “Kami siap mendukung pertumbuhan literasi digital bagi pelaku UMKM melalui ekosistem teknologi kami.”

Gunawan mengatakan penerapan ekosistem teknologi pada usaha kecil dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan membuat roda bisnis menjadi lebih efisien dan meningkatkan kualitas layanan.

Pada acara DNES 2022, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) juga berbicara tentang Kadin Tech Hub, hub yang menghubungkan pengusaha, terutama usaha kecil menengah (UKM) dan pemecah masalah.

Tidak hanya itu, Kadin Tech Hub dapat terus tumbuh dan memperkuat posisi Indonesia sebagai digital economy hub di Asia Tenggara dengan mendorong startup untuk masuk ke bursa IPO.

ESB mengapresiasi upaya Kadin dan mengatakan bahwa ESB terus berkontribusi mewujudkan investasi di sektor F&B Indonesia.

Gunawan mengatakan, “Saya percaya teknologi ESB akan membantu merevitalisasi ekonomi usaha kecil dan menengah di sektor kuliner.”

Pada kuartal pertama 2022, lebih dari 4.000 pedagang mendaftar ke ESB, dan jumlah total transaksi melebihi Rs 5 triliun.

Mitra ini tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga dari beberapa kota besar lainnya seperti Semarang, Yogyakarta, Bali dan Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Konsumsi Pertalite Dan Solar Subsidi Melonjak, Pemerintah Belum Putuskan Penambahan Kuota
Next post Bacaan Niat Shalat Zuhur Dalam Tulisan Arab, Latin Dan Arti Dilengkapi Tata Cara Pelaksanaannya