IMF Sebut Ekonomi Global Hadapi Ujian Terbesar Sejak Perang Dunia II

Jakarta – Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan ekonomi dunia kemungkinan bakal menghadapi ujian terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Hal itu disampaikan di tengah acaraForum Ekonomi Dunia pada Senin (23/5) – pertama yang diadakan secara langsung sejak 2020 dibuka di Davos, Swiss.

“Kami menghadapi potensi pertemuan bencana,” kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN Business, Selasa (24/5/2022). slot online semua bank

Georgieva juga mengatakan bahwa perang Rusia-Ukraina telah ‘memperparah’ efek pandemi Covid-19, kegagalan pemulihan ekonomi dan memperbesar risiko inflasi karena biaya dan bahan.

Masalah itu pun belum termasuk suku bunga menambah tekanan pada nomor negara, perusahaan, dan rumah tangga dengan tumpukan utang yang besar.

Turbulensi pasar dan kendala rantai pasokan yang sedang berlangsung juga menimbulkan risiko, serta perubahan iklim.

Selain IMF,Kepala Badan Energi Internasional (IEA) juga mendesak negara-negara di dunia membuat pilihan investasi yang tepat dalam menanggapi kekurangan bahan bakar fosil yang dipicu oleh perang Rusia-Ukraina.

“Hal ini akan menutup pintu untuk mencapai target iklim kita,” ujarnya.

Skala tantangan ekonomi digarisbawahi oleh laporan terbaru dari OECD pada Senin (23/5), yang menunjukkan bahwa gabungan PDB negara-negara G7 menyusut 0,1 persen pada kuartal pertama tahun inlumi, dibandingkan dengan periode tiga dengan periode.

“Kita tidak bisa menyelesaikan masalah jika kita hanya fokus pada satu masalah,” ujar Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck.

Jika tidak satu pun dari masalah ini diselesaikan, saya khawatir, kita akan melihat resesi global – dengan besar, tidak hanya untuk perlindungan, tetitas untuk global, ” jelasnya.

Untuk membatasi ekonomi, pertemuan IMF dengan pertemuan pejabat dan pemimpin bisnis di Davos untuk membahas hambatan perdagangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan.

Tetapi ketika suatu negara berjuang dengan kecemasan yang meningkat tentang krisis biaya hidup, beberapa negara justru menuju ke arah yang berlawanan, dengan penerapan perdagangan pada makanan dan produk nasec metanik kan global burgagangan pada makanan kan hardan nasec pertanik kan .

Awal bulan ini, keputusan India untuk melarang ekspor gandum membuat harga melonjak, meskipun negara itu adalah eksportir yang relatif kecil.

Adapun Indonesia yang juga sempat melarang sebagian besar ekspor minyak sawit pada bulan April lalu untuk melindungi pasokan domestik – kemudian dicabut pekan ini.

Dalam kunjungannya ke Tokyo, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa resesi tidak dapat dihindari dan mengungkapkan Gedung Putih sedang mempertimbangkan untuk memberhentikan beberapa menu tar Jane Menter Donald Trump untuk barang men ada banang dan kan le konung t ada Jane Menter K. bisnis AS .

“(Langkah) itu tidak akan besar, tetapi akan lebih besar daripada opsi lain yang dimiliki, kata Jason Furman, yang sebelumnya sebagai pertimbangan ekonomi utama mantan Obama.

Dia mengatakan kepada CNN Business bahwa AS “berada dalam kondisi ekonomi yang paling buruk di dunia.”

“Saya lebih khawatir tentang risiko resesi sekitar satu tahun dan selanjutnya di masa depan,” katanya. “Saya pikir The Fed harus mencoba melakukan soft landing. Saya tidak tahu apakah mereka akan berhasil,” bebernya.

Sementara itu, China dapat melihat ekonomiminya menyusut pada kuartal ini karena dampak lockdown Covid-19 di Shanghai, Bejiing dan puluhan kota lainnya, serta dampak krisis real estat.

Bank sentral negara itu memberikan penurunan terbesar untuk suku bunga utama setelah penjualan di pasar perumahan anjlok.

Zhu Ning, seorang profesor di Shanghai Advanced Institute of Finance, mengatakan bahwa pihak China masih memiliki banyak pilihan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

“China masih memiliki banyak ruang jika ingin menurunkan suku bunga, memberikan stimulus moneter kepada ekonomi,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Zendaya Bergabung Dengan Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh Time100
Next post Pelagari 3 Ciri-ciri Aki Mobil Yang Sudah Mulai Basah, Dan Segera Ganti Sebelum Mencolok