IPO GOTO Dinilai Bisa Buka Peluang Eksistensi Startup Di Pasar Modal

Jakarta – Aplikasi investasi multi aset Pluang memperkirakan masuknya PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) di bursa akan membuka pintu bagi startup lain untuk masuk juga.

IPO GOTO juga akan meningkatkan daya tarik pasar modal dan meningkatkan jumlah investor individu. c sport judi bola

Claudia Colunas, salah satu pendiri Pluang, percaya bahwa memiliki GOTO di pasar modal dapat menjadi langkah awal yang baik untuk startup lainnya. Pencatatan GOTO di bursa merupakan bukti nyata dari transformasi digital yang dialami Indonesia, khususnya di ekosistem ekonomi digital.

Transformasi digital ini juga akan berdampak positif pada peningkatan jumlah investor. Patut dicatat, jumlah investor di pasar modal Indonesia meningkat 92,7% dari tahun sebelumnya menjadi 7,48 juta pada 2021 dari 3,88 juta pada akhir 2020.

Total investor individu baru adalah investor millennial dan Gen Z yang berusia di bawah 40 tahun dengan pangsa 88%.

Oleh karena itu, IPO GOTO akan meningkatkan daya tarik pasar modal, dan Claudia berharap dapat meningkatkan jumlah investor individu. “Kami memiliki prospek yang sangat baik untuk GOTO di bursa dan mood yang lebih positif untuk startup ke depan karena potensi kehadiran mereka di pasar modal,” kata Claudia dalam keterangan tertulis, Senin (11/4). ).

Blowang juga mengapresiasi salah satu harapan GoTo untuk IPO, yakni kesejahteraan karyawannya. Diketahui bahwa pekerja GoTo, termasuk karyawan dan mitra pengemudi online, menerima saham dalam pendistribusian saham GoTo pada saat IPO dan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembelian.

Menurut Pluang, keputusan GoTo untuk mengalokasikan saham kepada mitra seperti driver merupakan upaya konsolidasi keuangan yang baik dan patut disyukuri karena dapat menjadi model bagi startup dengan rencana serupa di pasar modal.

“Indonesia kini mendekati demokrasi finansial karena aset investasi mudah diakses oleh semua kelas sosial, termasuk pekerja dan UKM, yang merupakan mitra bisnis GOTO,” kata Claudia.

Sebagai referensi, GoTo adalah salah satu mitra utama Pluang dalam saluran distribusi dan peningkatan pembayaran investasi mikro, dimulai dengan kolaborasi platform GoPay pada Maret 2019.

Go-Ventures, divisi modal ventura Go-Jek, juga merupakan investor di Plan. Mengembangkan sistem pendanaan lokal baik untuk mengembangkan ekosistem ekonomi digital sekaligus meningkatkan daya saing startup lokal, termasuk Pluang.

Artikel ini diterbitkan di Kontan dengan judul Pluang. IPO GOTO membuka peluang bagi startup untuk eksis di pasar modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Presiden Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng Di Cirebon
Next post Kenali Penyebab Remote Keyless Mobil Tiba-tiba Tidak Berfungsi