Kementerian PUPR: Penataan Cagar Budaya Benteng Van Den Bosch Rampung Januari 2023

Jakarta – Pada 10 Desember 2020, rekonstruksi Benteng Pendem Ngawi dimulai dengan partisipasi Balai Pelestarian Cagar Budaya Negara Jawa Timur.

Pekerjaan ini dilakukan oleh kontraktor PT Nindya Karya Tbk dan nilai kontraknya adalah Rs 113,7 crore dan digunakan untuk merekonstruksi 13 bangunan di dalam kompleks Benteng dan untuk merekonstruksi area inti Benteng. situs judi 138

Tiga belas bangunan termasuk barak tentara, meja makan perwira, dapur umum, tempat tinggal dan kantor jenderal, serta benteng dan gerbang.

Menteri Pertanahan, Prasarana, dan Perhubungan mengatakan, “Setelah itu, pekerjaan lain seperti jalan, sanitasi, pejalan kaki, dan pertamanan dilakukan.” . pekerjaan umum katanya. dan Siaran Pers Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Minggu 17/4/2022.

Basuki menjelaskan, Dinas PUPR telah memulai penataan kawasan heritage yang lebih dikenal dengan Fort Van Den Bosch atau Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Pengerahan itu dilakukan sebagai tindak lanjut revisi gedung bersejarah tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Benteng Bindem Heritage District dibangun kembali dengan mengadopsi konsep adaptif reuse, yaitu memfungsikan kembali bangunan heritage dengan fungsi baru dan minimal mengubah tampilan bangunan lama dengan tetap melestarikan nilai-nilai budaya.

Prinsipnya adalah menggunakan pasangan bata dari dalam untuk mempertahankan konsep bangunan lama dan memperkuat struktur.

Basuki menyimpulkan, “Kawasan Benteng Pendem adalah situs warisan dan harus dibersihkan dengan hati-hati untuk melestarikan nilai-nilai budayanya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Jadwal Tayang MotoGP Portugal 2022 Di Trans7: Persaingan Miller Dengan 2 Rider Satelit Ducati
Next post Cara Membuat SKCK Secara Online, Siapkan Berkasnya Berikut Ini!