Ketua DPR: 3 Provinsi Baru Untuk Melayani Papua Lebih Baik

Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mendukung pemekaran wilayah di tiga daerah pemilihan baru Papua.

Tiga negara bagian baru itu adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Dataran Tinggi Papua Tengah.

Pembagian wilayah Papua termasuk dalam RUU yang diajukan oleh Komisi II Republik Demokratik Kongo (RUU). situs judi gampang menang

RUU Tiga Provinsi Papua Baru disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Demokratik Kongo dalam rapat paripurna untuk memutuskan hasil perubahan RUU tersebut.

Puan mengatakan, Jumat (4 Agustus 2022) ”dengan menambah provinsi di kawasan timur Indonesia, kami bertujuan untuk mempercepat pemerataan pembangunan Papua dan melayani masyarakat Papua dengan lebih baik”.

Ia menambahkan, pemekaran wilayah Papua juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat Papua. Boan berharap penambahan daerah akan membuat Papua semakin berkembang.

“RUU yang mengatur pemekaran tiga wilayah baru ini juga sebagai upaya mengangkat harkat dan martabat masyarakat Papua,” ujarnya.

Tiga wilayah baru Bumi-Sendrawaseh nantinya akan mencakup puluhan wilayah yang sekarang menjadi Provinsi Papua.

Papua Selatan (Haanim) menjadikan Merauke sebagai ibu kota, Timica menjadi ibu kota Papua Tengah (Mipago), dan Wamena menjadi ibu kota Papua Tengah (La Pago).

Jika RUU Pemekaran Wilayah Papua disahkan sebagai RUU di Republik Demokratik Kongo pada sidang paripurna, pembahasan RUU tersebut akan dilanjutkan setelah melalui pembahasan tahap pertama dengan pemerintah.

Boan juga memastikan bahwa kebijakan mengenai pembagian wilayah dikoordinasikan di bawah Undang-Undang Otonomi Papua (Otsus).

“Saat kita membahas undang-undang ini nanti, untuk memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Papua,” kata Boan.

Dengan bertambahnya 3 provinsi baru di Papua, suatu saat Indonesia akan menjadi 37 provinsi. Boan telah menjangkau masyarakat untuk mendapatkan dukungan dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Microsoft Berhasil Halau Hacker Rusia Yang Incar Ukraina, Uni Eropa, Dan Amerika Serikat
Next post Mayat Pria Ditemukan Di Sungai Cisindangbarang Bogor, Ada Luka Sobek Di Kepala Dan Lecet Di Pelipis