Komitmen Turunkan Emisi CO2, Pertamina Gandeng Mitsui Jajaki Komersialisasi CCUS Di Indonesia

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menegaskan kembali komitmennya bekerja sama dengan Mitsui & Co., Ltd. Kami akan meninjau komersialisasi teknologi CCUS (Carbon Capture, Utilization and Storage) di Sumatera Tengah, Indonesia melalui Joint Study Agreement (JSA).

Penandatanganan JSA disaksikan oleh Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis (SPPU) Pertamina, Iman Rachman dan Divisi Energi I Mitsui & Co., Ltd., General Manager Divisi Pengembangan Energi Berkelanjutan, Yasuchika Maruyama. Sinichi Kikuchihara, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia, pada Rabu (4 Juni 2022 di Grha Pertamina, Jakarta) situs judi slot 4d terpercaya

Iman Rachman, Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Bisnis (SPPU) Pertamina mengatakan: “Kesepakatan ini bertujuan untuk melakukan studi kelayakan penerapan teknologi CCUS di Sumatera Tengah, Indonesia, dan menjajaki kemungkinan untuk membangun jangka panjang. strategi untuk memenuhi tujuan transisi energi Kemitraan dalam pengembangan dekarbonisasi untuk dicapai.

Menurutnya, untuk mendapatkan hasil kajian yang lebih komprehensif, Pertamina dan Mitsui akan melakukan penelitian teknologi untuk menangkap, memurnikan dan menyimpan CO2 sesuai kapasitas dan formasi bawah permukaan untuk mendapatkan teknologi yang optimal.

Juga menentukan dan memetakan sumber emisi CO2 di sekitar lokasi penyimpanan atau pemanfaatan CO2, potensi penerimaan CO2 di wilayah lain, dan berencana mengembangkan hub dan cluster CCS/CCUS untuk menangkap bisnis baru. Ini termasuk mengangkut CO2 melalui jaringan pipa, truk, dan kapal dari sumber ke lokasi dengan kombinasi yang paling efisien.

Mitsui & Co., Ltd. Divisi Energi I, Manajer Umum Pengembangan Energi Berkelanjutan, Yasuchika Maruyama, juga menyampaikan pesan yang sama. Beliau menyambut hangat “Kerja sama ini tidak hanya akan mempererat hubungan baik antara Mitsui dan Pertamina, tetapi juga mempererat hubungan baik antara Indonesia dan Jepang”.

Menurut Maruyama, Indonesia merupakan salah satu produsen minyak dan gas utama di Asia. Banyak lapangan migas yang sudah memasuki fase penurunan produksi diharapkan bisa dimanfaatkan kembali. Sementara itu, Mitsui dapat memanfaatkan pengetahuannya dalam proyek CCUS di Inggris dan negara lain. Kami berharap dapat menciptakan rantai nilai CCUS di kawasan Asia Pasifik.

Seperti diketahui, Pertamina terus aktif berkontribusi mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29% atau 41% dengan bantuan internasional pada tahun 2030. Pengembangan Bisnis CCUS merupakan salah satu inisiatif untuk mendukung solusi teknologi dekarbonisasi dan peningkatan pemulihan minyak/gas (EOR/EGR) dalam meningkatkan produksi minyak dan gas di Indonesia.

Iman menyimpulkan, “Penerapan teknologi CCUS diharapkan dapat memberikan manfaat finansial bagi ekonomi karbon yang inklusif serta mengurangi emisi gas rumah kaca.”**

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Belum Genap Setahun Sapri Pantun Wafat, Istri Nikah Lagi, Adik Tak Dikabari Meski Rumah Berhadapan
Next post PBB Sebut 1.563 Warga Sipil Termasuk 63 Anak Saat Invasi Rusia Ke Ukraina