Mudik Ke Sumatra Barat, Liburan Ke 10 Tempat Wisata Alam Dan Budaya Ini Yuk!

Reuni merupakan salah satu tradisi yang berhubungan dengan masyarakat Indonesia pada setiap momen hari raya. Apalagi, pemerintah akhirnya mengizinkan kegiatan ekstradisi di Ribaran pada 2022.

Nah, bagi yang berencana pulang kampung dari Padang dan sekitarnya, Anda dan keluarga bisa berlibur ke berbagai tempat wisata seru di Sumbar. situs judi terpercaya

Anda juga bisa merencanakan liburan bersama keluarga di Sumatera Barat yang nantinya menawarkan surga wisata yang belum pernah terbayangkan sebelumnya bagi yang tidak mudik lebaran.

Dari sekian banyak tempat yang harus dikunjungi, kami merekomendasikan 10 tempat wisata di Sumatera Barat yang terdiri dari wisata alam dan budaya.

Untuk atraksi serta produk lokal yang menarik dan konten kreatif, bisa cek dan follow kami langsung di akun Instagram @pesona.indonesia dan tiktokpesonaindonesia!

Wisata Alam di Sumatera Barat

1. Danau Maninjau, Kabupaten Agam

Apakah Anda ingin bersantai dan menikmati pemandangan laut yang indah dengan udara yang sejuk? Danau Maningo adalah tujuan yang sempurna! Mencakup area seluas 100 kilometer persegi dan kedalaman hingga 480 meter, danau vulkanik ini terletak di kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam di Sumatera bagian barat.

2. Padang Mangate, Kabupaten 50 Kota

Padang Mangaeth menawarkan area berumput hijau tempat ribuan ternak berkeliaran yang dikenal sebagai sabana ala Minang.

Terletak di kaki Gunung Sagu, destinasi wisata ini merupakan bagian dari Balai Besar Peternakan dan Peternakan Unggul Padang Atas (BPTU-HPT) dan merupakan peninggalan Belanda sejak tahun 1916.

3. Taman Panorama Ngarai Sianok,

Taman Panorama Ngarai Sihanouk di Bukit Tinggi adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan Ngarai Sihanouk yang menakjubkan, terbentang sepanjang 15 kilometer dengan dua dinding terjal dan tebing yang saling berhadapan, setinggi 100-120 m dengan latar belakang Gunung Sihanouk. Sawah yang hijau dan sungai yang berkelok-kelok menambah keindahan panorama.

4. Pantai Air Manis Padangsi

Ingat legenda Kundang Laut? Nah, Pantai Air Manis merupakan salah satu pantai berbatu yang dipercaya sebagai batu Malin Kundang. Terlepas dari legendanya, pantai yang terletak di Kota Padang ini menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara karena ombaknya yang rendah dan pemandangan yang indah.

5. Pulau Basumbahan Kota Padang

Pulau Pasombahan adalah salah satu dari 11 pulau yang terletak di lepas pantai kota Padang. Untuk menuju Pulau Pasombahhan, Anda harus menyeberangi Sungai Besang atau Pelabuhan Teluk Bongos. Pulau ini sangat diminati oleh wisatawan karena memiliki pasir putih yang lembut dan perairan yang relatif jernih.

Wisata Budaya di Sumatera Barat

1. Desa Bandai Sekek, Kabupaten Tana Dadar

Desa Pandai Shikek terletak di kaki Gunung Singalang, sekitar 13 km sebelah selatan Bukit Tinggi. Saat Anda berkunjung ke desa ini, Anda tidak hanya bisa mendapatkan pemandangan indah kaki Gunung Singgalang, tetapi juga menyaksikan kehidupan masyarakat Pandai Sikek yang sudah terkenal di luar negeri dengan keterampilan menenun songketnya.

Pengrajin songket di Pandai Sikek menggunakan alat tenun tradisional untuk menciptakan banyak ansambel lagu yang indah. Anda bisa membelinya langsung dari pengrajinnya.

2. Istano Rajo Basa PagaruyungÌ Tanah Datar Regency

Istano Rajo Basa Pagaruyung merupakan salah satu peninggalan kejayaan Kerajaan Pagaruyung yang masih bisa dinikmati wisatawan hingga saat ini.

Wisata budaya Istano Rajo Basa Pagaruyung meliputi jalan kaki dan menunggang kuda, menikmati lingkungan sekitar keraton, berkemah di perkemahan di belakang keraton, dan berfoto dengan latar belakang keraton. Oh, dan untuk memaksimalkan aktivitas foto Anda, Anda dapat menyewa kostum tradisional minang yang disediakan untuk pemotretan Anda.

3. Kota kuno Padang, Padang

Kota Tua Padang terkenal dengan keragaman etnisnya. Ikuti tur budaya saat Anda menyaksikan kehidupan masyarakat multi-etnis, mulai dari Minangkabau, Tionghoa, Melayu, dan Nias, yang secara damai diselaraskan dengan adat istiadat mereka. Anda juga dapat menjelajahi setiap sudut jalan dengan sepeda, menikmati arsitektur dan suasana bangunan dengan nuansa Cina, Belanda dan India. Dalam perjalanan, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Padang.

4. Padang City Adityawarman 박물관

Di Museum Adityawarman, Anda dapat belajar tentang budaya Minangkabau di lebih dari 6.000 koleksi warisannya. Yang paling menarik adalah barang-barang dari Kerajaan Minangkabau, seperti gerbong kereta, lumbung padi, hadiah pernikahan, singgasana, dan pakaian adat kerajaan.

Selain koleksi Kerajaan Minangkabau, Anda juga dapat menemukan koleksi lain seperti koleksi batu, kerangka hewan purba, dan dari emas dan perak hingga manuskrip sejarah.

5. Nagari Saribu Ruma Gadang Kabupaten Solok

Ingin tahu lebih banyak tentang kehidupan tradisional Minang? Nagari Saribu Ruma Gadang merupakan objek wisata budaya yang layak untuk dikunjungi. Anda benar-benar dapat merasakan kehidupan di Rumah Gadang, tempat Anda tinggal bersama keluarga.

Anda tidak hanya akan bermalam di Rumah Gadang Homestay, Anda juga akan disambut oleh orang-orang yang mengenakan pakaian bertema mint yang kental. Anda juga bisa mencicipi makanan Minang dan merasakan banyak kesenian Namsulok seperti tari Tamburang, tari Biryang, dan Selek Luqua.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di sekitar Sumatera Barat saat pulang kampung ke Padang dan sekitarnya. Untuk menyempurnakan perjalanan Anda, jangan lupa untuk menikmati berbagai hidangan khas Sumatera Barat yang menggugah selera.

Apalagi, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Uno, membolehkan orang mudik tahun ini bisa membawa banyak manfaat bagi para pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurut Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi (Kemenparekraf), rata-rata pengeluaran pariwisata domestik sebesar Rs 1,5 juta. Sementara itu, Sandiaga mengatakan dari total 85 juta pemudik, sekitar 40-60 persen berpeluang untuk pulang kampung mengunjungi suatu destinasi wisata.

“Rata-rata pengeluaran wisman sekitar Rp 1,5 juta. Dan bisa lebih dari Rp 72 triliun,” kata Sandiaga dalam konferensi pers mingguan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta Pusat, Senin. 2022-04-18).

Menurut Sandiaga, angka ini bisa lebih tinggi karena memperhitungkan masa liburan yang diperpanjang. Angka ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan di bidang pariwisata, makanan dan minuman, sandang, transportasi, serta hotel dan restoran.

“Kecepatan mata uang akan meningkat 10%, berkontribusi 25% terhadap pertumbuhan ekonomi triwulanan,” kata Sandiaga.

Jadi, untuk memastikan penerbangan repatriasi dan liburan Rivaran Anda aman dan nyaman, segera terapkan protokol kesehatan 6M dan dapatkan vaksin tambahan yang Anda butuhkan untuk penerbangan repatriasi Anda di tahun 2022.

Untuk mendukung perjalanan pulang yang nyaman dan sehat, Kemenparekraf juga telah menyiapkan 15 posko mudik dari Lampung hingga Jawa Timur yang diharapkan dapat menjadi tempat peristirahatan atau shelter bagi pemudik sebelum melanjutkan perjalanan.

Kini kamu bisa mengikuti kontes Akamsi (Duta Kampung Sini) yang menantangmu untuk menemukan keajaiban tersembunyi di sekitarmu dan membagikannya dalam bentuk foto atau video di akun IG pesona sambil mempersiapkan liburan tanah air dan lebaran. .Indonesia.

Kontes berlangsung dari 15 Maret hingga 15 Mei 2022, dan pemenangnya ditunjuk sebagai duta kota. Selain itu, para pemenang akan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik, mulai dari uang tunai dan iPhone 13 Pro Max hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah. Jadi, cek postingan Instagram ini segera untuk syarat dan ketentuan lainnya terkait kontes Akamsi!

Terakhir, jangan lupa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTokpesonaindonesia. Atraksi, event seru dan informasi ekonomi kreatif Jangan lewatkan informasi dan berita terbaru seputar #DiIndonesiaAja!

Penulis: Norvina Vietri Melina | Editor: Barjan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Salam Haru Camat ‘Susah’ Kepada Semua Pimpinan TNI
Next post Rico Valentino Dan Putra Siregar Terseret Kasus Pengeroyokan, Septia Yetri Ungkap Awalnya Cekcok