Peluang Masih Terbuka Lebar, Ini Strategi Telkom Perkaya Ekonomi Digital Di Indonesia

Jakarta – Dengan pengguna aktif internet Indonesia yang terus bertambah, peluang ekonomi digital Indonesia terbuka lebar.

Indonesia sendiri merupakan negara terpadat keempat di dunia, dengan 70,7% atau hingga 119 juta penduduk usia kerja yang kesehariannya dekat dengan internet.

Pada tahun 2020, terdapat 345,3 juta pengguna telepon seluler di Indonesia, dengan 73% di antaranya terhubung ke Internet. Pengguna digital ini menjelajahi berbagai sektor dari platform saat ini, seperti e-commerce, teknologi pendidikan, teknologi kesehatan, dan banyak lagi.

Bagaimana PT Telkom Indonesia (Telkom) memanfaatkan peluang ini? situs judi yang banyak bonus

Direktur Wholesale and International Services Telkom, Bogi Witjaksono, mengatakan operator terbesar di Indonesia, Telkom, akan memanfaatkan peluang ini. Salah satunya dengan memperluas layanan data center.

Menurut catatan, permintaan pasar data center Indonesia diperkirakan mencapai 1.576 MW pada 2030 dan tumbuh sangat pesat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Telkom akan melayani segmen bisnis ini melalui anak perusahaan baru.

Dalam keterangannya, Senin (4 April 2022) Boge mengatakan: “Ke depannya, Telkom akan melayani bisnis data center dalam kategori hyperscale melalui anak perusahaannya yang bermerek NeutraDC.

NeutraDC saat ini sedang mempercepat pembangunan data center hyperscale pertama di Cikarang.

NeutraDC akan menyediakan desain dan operasi standar kelas dunia dengan infrastruktur pusat data yang sesuai dan sertifikasi Uptime Tier III dan IV yang memastikan keamanan Layer 8 yang sangat ketat.

“Ke depan, kami berharap NeutraDC menjadi penyedia data center yang mendorong percepatan digitalisasi pelanggan dan mendukung percepatan ekonomi digital nasional atau global,” ujar Boge.

layanan CDN

Strategi lain Telkom adalah menyediakan layanan Content Delivery Network (CDN) yang dapat menggunakan tiga model bisnis melalui neuCentrlX.

Pertama, Akselerator Web yang diklaim ideal untuk situs web yang memerlukan akses ke akselerator seperti platform e-niaga, portal, platform informasi, dan platform konten buatan pengguna.

Model bisnis kedua adalah grosir. Model bisnis ini menyediakan kemitraan dengan beberapa penyedia layanan global seperti Akamai CDN, Facebook CDN, Google Global Cache dan Game Publisher.

Ketiga, CDN disajikan sebagai model bisnis layanan untuk solusi CDN yang sangat dapat disesuaikan. Layanan CDN ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan layanan tambahan seperti fungsionalitas anti-perayapan ke solusi CDN mereka.

Sebagai informasi, data center neuCentrlX menjangkau 14 kota besar di Indonesia dan server CDN Telkom berada di lebih dari 100 lokasi.

Artikel ini diterbitkan dengan tajuk “Peluang Ekonomi Digital RI Terbuka Lebar. Begitulah Telkom Memanfaatkannya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Subsidi Minyak Goreng Curah Rawan Penyelewengan, Lebih Baik Masyarakat Diberi BLT
Next post Jadi Korban Kejahatan Jalanan, Pelajar SMA Di Kota Yogyakarta Tewas Kena Sabetan Gear