Pembangunan Akses Jalan Ke Hutan Bowosie Labuan Bajo Tersendat Oleh Penolakan Warga

Siaran Pers, Linas Abdullah

Jakarta – Pembangunan jalan menuju kawasan hutan Bowosie, Labuan Bajo, terganjal penolakan banyak warga.

Konstruksi dihentikan karena ekskavator diblokir, spanduk protes dipasang, dan petugas polisi berteriak untuk menghentikan pekerjaan.

Mereka mengklaim bahwa tanah di hutan adalah milik mereka. slot online gacor 2022

Menanggapi hal tersebut, Shana Fatina, Direktur Eksekutif Labuan Bajoflores (BPOLBF), menjelaskan pembangunan ramp dilakukan sesuai prosedur dan memiliki landasan hukum yang kuat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.: S.220/Menlhk/Setjen/PLA.2/5/2021 Berdasarkan surat tanggal 31 Mei 2021 dengan persetujuan penetapan akses jalan menuju wilayah resmi Distribusi penggunaan produksi tetap penggunaan kawasan hutan.

“Sejak tahun 2019, saya dan tim BPOLBF memiliki kontak yang luas dengan masyarakat sekitar dan selalu melibatkan desa-desa sekitar dalam setiap tahapan kegiatan dan pembangunannya, seperti Desa Golo Bilas, Desa Gorontalo dan Desa Wae Kelambu,” ujar Shana. Sabtu, 30/4) dilaporkan. /2022).

Pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di seluruh tahapan kegiatannya dalam rangkaian program pengembangan dan pengembangan kawasan wisata Labuan Bajo Flores dan berkoordinasi dengan pemerintah kota terkait.

Secara administratif, wilayah penyangga wilayah kewenangan berada di Desa Gulu Bilas, Gorontalo dan Wai Kelambu.

Shana mengatakan, “BPOLBF juga meluncurkan AMDAL, yang dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan penelitian ilmiah dan melaksanakan pembangunan di daerah.

Proses penyusunan AMDAL melibatkan berbagai pihak, termasuk kelurahan dan desa pendukungnya yaitu Lurah dan walikota.

Dalam kasus terpisah, Stefanos Nali, Kepala Unit Pelaksana Teknologi (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Manggarai Barat, mengatakan warga menolak membangun jalan untuk proyek pengembangan kawasan wisata di Hutan Bowosie.

Stefanos mengatakan, “Tanah itu milik kawasan hutan Ngorangbush. Menurut catatannya, sejak tahun 1998 ada pelanggaran ilegal, dan pada tahun 2015, dia menemukan patok yang ditanam secara ilegal oleh kelompoknya. Jadi mereka melaporkannya ke polisi. ” kata

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Joko Suranto Crazy Rich Grobogan Mudik, Disambut Antusias Oleh Warga Hingga Matanya Berkaca-kaca
Next post Tujuh Tips Tinggalkan Mobil Di Rumah Selama Mudik Lebaran 2022