Penghapusan Sinyal 3G, XL Bulan Ini Kelar, Telkomsel Akhir Tahun Ini, Indosat Ikut Pemerintah

Jakarta – Operator telekomunikasi saat ini disibukkan dengan peningkatan layanan teknologi 5G.

Saat kami meningkatkan jaringan 5G, kami juga menurunkan BTS 3G yang ada dan menggantinya dengan teknologi 4G dan 5G.

Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengatakan pemerintah terus memantau penggunaan jaringan 3G, apalagi jumlah penggunanya terus menurun pascapandemi COVID-19. situs judi zona bola

Ismail, Direktur Sumber Daya dan Perbekalan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengatakan saat ini masyarakat lebih memilih berkomunikasi melalui data dan video.

Hal itu disampaikannya di Telkomsel Smart Office di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Menurutnya, sebagian kecil pengguna 3G harus didorong untuk beralih ke 4G untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat.

Ia kemudian menambahkan, sosialisasi ini penting karena dukungan jaringan 4G di sisi perangkat bukan lagi barang mewah.

Direktur PT XL Axiata Tbk Yossie D Yosetia mengatakan XL segera menutup seluruh jaringan BTS 3G.

Yessie, Rabu (6/4/2022): “Kami akan terus menghentikan layanan teknologi 3G dan menggantinya dengan 4G dan 5G.”

XL mengatakan mematikan BTS 3G sangat cepat. Pada Februari 2022 saja, 5.000 BTS menutup pintu mereka.

Pada tahun itu, total 22.000 BTS 3G dihapus dan diubah menjadi BTS 4G.

Ribuan jaringan 3G kemudian dimatikan hampir setiap hari.

akhir tahun 2022

Sementara itu, Telkomsel berjanji akan memulai proses perluasan layanan jaringan secara bertahap dari 3G menjadi 4G/LTE di 504 kota/wilayah pada akhir tahun 2022.

Manajer jaringan Telkomsel Nugroho mengatakan perusahaan akan menghapus 3G secara bertahap, tetapi pelanggan masih dapat menggunakan 2G untuk panggilan suara.

Dia mengatakan pada Rabu (4 Juni 2022 di Telkomsel smart office Jakarta) “Kami akan matikan 3G untuk informasi bagi pelanggan Telkomsel dan gunakan 2G untuk suara”.

Kami tidak hanya meningkatkan kualitas jaringan pelanggan kami, kami juga menonaktifkan 3G untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Pada saat yang sama, Wang-soon Nam, direktur perencanaan dan konversi di Telkomsel, menambahkan bahwa perusahaan berencana untuk menghentikan 3G dua tahun lalu setelah 16 tahun beroperasi jaringan.

Telkomsel berencana menonaktifkan 3G secara bertahap, beralih ke 4G untuk meningkatkan layanan jaringan.

Ahmed, Vice President Engineering and Telkomsel Projects di RAN, mengatakan perusahaan akan secara bertahap menonaktifkan 3G di tiga wilayah, mulai Maret, dengan lima penyebaran.

Ia juga menambahkan, mulai kuartal II 2022, gangguan jaringan 3G di wilayah Japoditapek akan segera menyusul.

Ahmed mengatakan, “Di Q2 dan Q3 Jabodetabek. Ketika jaringan 3G meningkat menjadi 4G, tidak hanya kecepatan akses tetapi juga latency akan meningkat”.

Dia menambahkan bahwa menonaktifkan 3G tidak akan mempengaruhi layanan, karena jaringan 2G akan tetap tersedia di sisi pelanggan.

Indosat menutup jaringan 3G “track” pemerintah

Berbeda dengan Telkomsel dan XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison sendiri belum memberikan pengumuman resmi terkait rencana penghentian total layanan 3G.

Saat dihubungi secara terpisah oleh KompasTekno, Steve Saerang, Senior Vice President of Communications Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan pihaknya akan menghapus layanan 3G secara bertahap di Indonesia.

Dalam pesan teks kepada KompasTekno, Jumat, Steve mengatakan, “IOH tidak hanya menggelar layanan 5G, tetapi secara bertahap meningkatkan seluruh jaringannya ke 4G. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong penggunaan 4G sebagai tulang punggung digital nasional. .” “Katanya. 2022-02-25).

IOH menutup lebih dari 12.000 BTS 3G pada tahun 2021 untuk secara bertahap menutup layanan 3G. Dalam dokumen investor memo 2021 yang sebelumnya diterima KompasTekno pada 2020, Indosat disebut memiliki 31.393 BTS 3G.

Namun, jumlah BTS 3G menurun tajam menjadi 19.134 pada tahun 2021. IOH sendiri tidak merinci apakah 12.000 BTS 3G yang dibuang juga diubah menjadi BTS 4G.

Yang pasti dalam dokumen investor note tersebut, IOH telah mengoperasikan total 9.000 BTS 4G baru selama tahun 2021. Pada saat perhitungan, total BTS 4G yang dimiliki Indosat Ooredoo Hutchison adalah 71.778 BTS 4G per 31 Desember 2021.

Steve akan “mengikuti jadwal yang ditetapkan pemerintah”, membenarkan kapan Indosat akan menutup total layanan 3G di seluruh Indonesia.

Indosat mengatakan selama ini Indosat terus mengedukasi pelanggan yang masih terkoneksi jaringan 3G dan 2G untuk beralih atau segera beralih ke layanan 4G.

Tidak ada tenggat waktu dari pemerintah, tetapi ketika tujuan pemerintah adalah memblokir sinyal 3G di seluruh Indonesia, juru bicara Komeninfo Didi Bermadi tidak memberikan jawaban pasti atas pertanyaan tersebut.

Ia mengatakan, rencana menghilangkan sinyal 3G di seluruh Indonesia masih memerlukan pembahasan dengan operator seluler dan pihak terkait lainnya.

Didi mengatakan kepada KompasTekno: ”Tujuannya agar peralihan dari layanan berbasis 3G ke layanan berbasis 4G tidak mengurangi jangkauan layanan yang sebelumnya digunakan oleh masyarakat.”

Didi juga membenarkan bahwa janji dan tenggat waktu Kominfo bagi operator seluler di Indonesia untuk mematikan sinyal 3G belum terpenuhi.

Tidak ada tenggat waktu, kata Didi, jadi terserah operator seluler untuk mematikan sinyal 3G.

Namun dalam prosesnya, Didi mengingatkan para operator telepon seluler agar tetap memperhatikan kewajibannya, termasuk menerapkan perlindungan konsumen saat layanan 3G keluar di Indonesia. (/ Januar Ryzky Joyanda/)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Varian Baru COVID-19 Omicron XE, Berikut Ciri-Ciri Gejalanya!
Next post Diperiksa 15 Jam, Kapten Vincent Ternyata Dicecar Soal Konten Bareng Indra Kenz Soal Kasus Binomo