Rampung Diproduksi, Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dikirim Ke Indonesia

Laporan reporter Seno Tri Sulistillono

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia China (KCIC) mengumumkan seluruh rangkaian Electric Multiple Units (EMU) proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah selesai dibangun sebanyak 11 unit di CRRC Sifang, Qingdao, Provinsi Shandong. Tiongkok pada awal April 2022.

Direktur Utama KCJB Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan selain EMU sebelumnya, telah diselesaikan satu Kereta Inspeksi Komprehensif (CIT) atau Kereta Inspeksi. situs judi aman dan terpercaya

Dwiyana mengatakan dalam keterangannya, Jumat (8/8), “Kami ingin menginformasikan bahwa semua EMU KCJB dan satu CIT telah selesai produksi saat mempersiapkan ujian KCJB November dan saat ini memasuki fase static commissioning dan dynamic testing”, Dwiyana demikian dalam keterangannya, Jumat (8/8). . /8).4/2022).

Menurut dia, seri EMU dan CIT ditargetkan hadir di Indonesia pada semester II 2022.

EMU adalah rangkaian kereta api berkecepatan tinggi dengan spesifikasi canggih, mampu memantau bahaya seperti gempa bumi, banjir, serangan busur dan tahan api.

“Seperti desain konstruksi, seri KCJB EMU dan CIT dirancang sesuai dengan kondisi geologi Pulau Jawa. Termasuk teknologi canggih berupa pemantau bencana, yang tidak hanya memungkinkan kereta ini berjalan cepat, tetapi juga memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan yang sangat tinggi,” jelas Dwiyana.

Sistem keamanan yang terpasang pada rangkaian KCJB EMU ini didukung oleh berbagai peralatan keamanan, seperti pusat pemantauan pengiriman, sensor pendeteksi ancaman di sepanjang rute KCJB, dan terminal pemantauan bencana di Tegalois, pusat pengelolaan data bencana.

Selain itu, terdapat tempat-tempat yang menghubungkan peralatan pengamatan langsung dan CCTV ke posko KCJB untuk mengirimkan informasi video.

Dwiyana mengatakan, operasional KCJB didukung oleh teknologi jaringan CTSC 3/GSM-R dan serat optik yang telah terbukti mendunia dalam hal keselamatan kereta api, khususnya kereta api berkecepatan tinggi.

Kemudian KCJB Construction memiliki sistem proteksi penerangan internal dan eksternal.

“Sistem keamanan KCJB tidak hanya dipasang di sirkuit EMU. Berbagai sistem keamanan canggih telah kami siapkan agar KCJB dapat beroperasi dengan lancar dan optimal di sepanjang jalur KCJB, dimulai dari Tegaloires.”

Seri KCJB EMU juga memiliki fungsi untuk meminimalisir getaran dan kebisingan dengan kecepatan operasi 350 km/jam.

Meskipun teknologi modern dibangun, EMU KCJB juga memiliki konten lokal. Anda bisa tahu dari bentuknya yang terinspirasi dari komodo, hewan asli Indonesia.

Interior kereta juga memiliki motif batik mega mendung, sehingga Anda bisa lebih merasakan keharmonisan modernitas dan tradisi.

Seri KCJB EMU memiliki beberapa kelas yang dapat dipilih penumpang. Diantaranya adalah Kelas VIP, Kelas Satu dan Kelas Dua.

Lalu ada fasilitas dining car, fasilitas difabel, charging port, bahkan penitipan bagasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Rumahnya Dibakar KKB, Warga Kampung Kago Distrik Ilaga Mengungsi Ke Polres Puncak & Bangunan Pemkab
Next post 5 Hal Jadi Sorotan Pada Saat Eintracht Frankfurt Menahan Imbang Barcelona 1-1, Torres Cetak Gol Lagi