Urai Kemacetan Di Merak, Menhub Siapkan Pelabuhan Tambahan Di Ciwandan Dan Indah Kiat

Reporter Denis Dystriawan melaporkan

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi menyiapkan penambahan pelabuhan di Siwandan dan Indah Kyat untuk mengurai kemacetan di pelabuhan Ferry Merak. slot online spadegaming

Hal itu terungkap saat Bodhi Kariya menyelidiki pelabuhan milik Bilindo di Siwandan, Banten.

Dermaga tersebut akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan untuk mengurai kemacetan di pelabuhan penyeberangan Merak.

Menteri Perhubungan mengawasi langsung pengoperasian Dermaga Siwandan mulai dari persiapan pelabuhan hingga kedatangan kapal di dermaga.

Budi Karia mengatakan dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022) bahwa “mulai hari ini dan seterusnya, sembilan kapal akan disiapkan untuk beroperasi dari Dermaga Siwandan hingga Pelabuhan Bakauhini.”

Selain Siwandan, Budi Karia mengatakan, mulai kemarin ada penambahan pelabuhan lagi di Pelabuhan Indah Kyat. Pelabuhan ini dilengkapi dengan dua kapal yaitu KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I.

Seperti diketahui, animo masyarakat begitu tinggi hingga terjadi kemacetan berkepanjangan di arteri dan jalan menuju Pelabuhan Feri Merac. Bodhi Kariya melaporkan bahwa dirinya telah menerima tawaran Kapolres Cilegon untuk mengimbau masyarakat agar menunda penerbangan lanjutan ke Merak malam ini.

Sambil menunggu kapasitas bertambah lagi di Merak untuk menghindari bertambahnya kemacetan pelabuhan.

Bodhi Kariya berkata: “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus berupaya menyelesaikan masalah ini dalam waktu 12 jam.”

Menurut data PT ASDP Indonesia Ferries, pertumbuhan jumlah penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Merak tahun ini hampir 40% lebih tinggi dibandingkan kepulangan mereka pada 2019, sebelum pandemi.

Kemarin (Jumat 29 April 202) tercatat hingga 32.000 kendaraan diberangkatkan melalui Pelabuhan Feri Merak. Itu lebih dari tinggi mudik 2019 sekitar 20.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Tujuh Tips Tinggalkan Mobil Di Rumah Selama Mudik Lebaran 2022
Next post Dehidrasi Pada Ibu Menyusui Dapat Pengaruhi Produksi ASI